7 Cara Klaim Orderan Fiktif Shopee Food 2021 : Syarat & Ketentuan

Cara Klaim Orderan Fiktif Shopee Food – Terkadang menjadi seorang driver ojek online atau pesan antar makan harus siap dengan apapun yang terjadi, termasuk orderan fiktif. Sampai saat ini orderan fiktif atau sering disebut juga dengan opik merupakan momok menakutkan.

Ternyata kejadian seperti tersebut juga di alami oleh beberapa driver Shopee Food pernah mengalaminya dan bahkan sering. Nah, yang menjadi pertanyaan dari sebagian besar mitra driver apakah ada cara mengatasi permasalahan seperti tersebut.

Terkait permasalahan seperti tersebut tentu ada solusi mengatasinya, mitra driver cukup lakukan klaim ke pihak Shopee Food. Namun sebelum itu anda harus mengetahui syarat dan ketentuan berlaku, apalagi cara klaim orderan fiktif tidak bisa dilakukan langsung lewat aplikasi driver Shopee Food.

Dimana mitra harus datang langsung ke KANTOR LAYANAN DRIVER SHOPEE FOOD terdekat dengan lokasi anda saat ini dengan cara membawa berkas dibutuhkan. Sampai disini pastinya anda semua makin penasaran terkait cara klaim orderan fiktif Shopee Food mulai dari apas saja syarat dan ketentuannya.

Cara Klaim Orderan Fiktif Shopee Food

Untuk mengetahui itu semua, pada pembahasan kali ini Gojeker.com akan informasikan kepada anda semua. Baiklah, agar jelas dan detailnya langsung saja simak ulasan seperti dibawah ini.

Apa Itu Orderan Fiktif

Orderan fiktif Shopee Food adalah sebuah tindakan pemesanan makanan di Shopee Food, akan tetapi orderan tersebut palsu atau tidak ada yang bertanggung jawab dan itu sering disebut juga Opik oleh kalangan driver ojol.

Tindakan seperti tersebut memang kerap terjadi pada layanan pesan antar makanan tidak hanya di ShopeeFood saja, beberapa layanan dari Grab dan Gojek juga sering terjadi. Bahkan nominal dari opik tersebut tidak tanggung tanggung loh dan ini menjadi momok menakutkan bagi beberapa driver.

Ciri Ciri Orderan Fiktif

Ciri Ciri Orderan Fiktif

Menjadi seorang driver Shopee Food atau layanan online lainnya memang wajib untuk mengetahui hal seperti ini, karena bisa menjadi bahan pertimbangan pada saat menerima orderan yang mencurigakan.

Meskipun layanan pesan antar makanan yang bisa dikatakan masih baru, tetapi ada beberapa driver Shopee Food yang sudah mengalami kejadian seperti tersebut.

Jika anda semua tidak ingin mengalami kejadian seperti tersebut, setidaknya mengetahui ciri ciri orderan fiktif Shopee Food diantaranya adalah :

  • Metode pembayaran dipilih secara non tunai
  • Total tagihan cukup besar
  • Alamat tujuan tidak jelas
  • Pemesan tidak ada respon ketika konfirmasi pesanan

Syarat Klaim Orderan Fiktif Shopee Food

Syarat Klaim Orderan Fiktif Shopee Food

Apabila anda terlanjur menerima orderan fiktif, maka lakukan beberapa hal yang akan kami sampaikan berikut ini. Namun sebelum itu mitra driver harus melengkapi beberapa persyaratan sesuai dengan ketentuan berlaku, untuk jelasnya dapat simak sebagai berikut.

  • Nota pembelian makanan.
  • Orderan diselesaikan terlebih dahulu.
  • Serahkan makanan ke Panti Asuhan.
  • Lampirkan foto penyerahan makanan di Panti Asuhan.
  • Tanda terima dari panti asuhan atau kop surat.

Cara Klaim Orderan Fiktif Shopee Food

Proses klaim orderan/refund yang akan anda lakukan, cukup pastikan lengkapi beberapa dokumen yang dibutuhkan. Setelah itu cukup ikuti panduan sudah kami persiapkan seperti dibawah ini.

1. Lengkapi Persyaratan Klaim Orderan Fiktif

1 Lengkapi Persyaratan Klaim Orderan Fiktif

Langkah pertama harus anda lakukan cukup lengkapi berkas/dokumen yang dibutuhkan mulai dari nota restoran, foto serah makanan dan tanda terima dari panti asuhan.

Silahkan kumpulkan menjadi satu dan pastikan jika semua dokumen dibutuhkan tidak ada yang tertinggal satupun, usahakan juga foto dokumen terlihat jelas agar proses lebih mudah dan cepat.

2. Kunjungi Driver Center Shopee Food

2 Kunjungi Driver Center Shopee Food

Jika semua sudah lengkap, lalu langkah berikutnya tinggal kunjung driver center Shopee Food (DC) Terdekat dengan lokasi atau daerah anda. Saat ini ada beberapa wilayah yang bisa di kunjungi, sebelumnya juga sudah kami sampaikan kantor layanan Shopee Food.

Pastikan juga anda datang di jam kerja pada hari Senin sampai Jumat, karena Sabtu, Minggu dan hari besar libur. Adapun jam layanan buka mulai jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Untuk itu pastikan dahulu mitra driver mengetahui jam operasionalnya.

3. Selesai

3 Selesai

Sesampai di kantor layanan driver Shopee Food langsung saja ke petugas yang ada disana, silahkan konfirmasi terkait permasalahan yang sedang anda alami. Biasanya mitra dimintai informasi terkait orderan fiktif/opik.

Jika sudah semua, tinggal serahkan semua persyaratan yang dibutuhkan. Setelah itu anda bisa langsung pulang, nantinya tim Shopee segera mengurus dan akan informasikan kelanjutan proses klaim orderan fiktif anda terima.

Kesimpulan

Shopee memastikan setiap permasalahan yang terjadi pasti ada solusinya, seperti halnya terkait orderan fiktif. Setiap mitra driver bisa lakukan refund cukup ikut saja cara seperti diatas, namun perlu digaris bawahi untuk klaim opik pastikan dokumen dibutuhkan sudah anda lengkapi.

Itulah tadi pembahasan lengkap mengenai cara klaim orderan fiktif dilengkapi dengan syarat dan ciri ciri orderan fiktif dapat Gojeker.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu mitra driver Shopee Food sedang membutuhkan.