Cara Melaporkan Orderan Fiktif GrabExpress Terbaru 2020

Cara Melaporkan Orderan Fiktif GrabExpress – Masalah orderan fiktif memang terus saja muncul di Indonesia. Pihak tak bertanggung jawab terus melakukan pemesan palsu untuk mendapatkan keuntungan lebih dari beberapa platform online.

GrabExpress merupakan salah satu layanan yang terkena orderan fiktif dari beberapa pihak tidak bertanggung jawab. Pihak yang dirugikan tidak semata Grab saja, namun juga driver sebagai pelaksana langsung di lapangan. Kadang beberapa mitra driver juga kurang mengetahui bagaimana ciri orderan fiktif.

Jika menjumpai hal yang mencurigakan serta mengarah kepada orderan fiktif maka anda dapat langsung melaporkan lewat aplikasi Grab Driver. Cara melaporkan pesanan palsu dapat dikatakan cukup mudah karena mengikuti proses cancel orderan.

Orderan fiktif memang tidak hanya terjadi pada layanan GrabExpress saja, bahkan beberapa kasus sudah mencakup Grab Same Day, GrabFood, GrabCar dan GrabBike. Peran mitra driver sangatlah membantu untuk melaporkan setiap orderan fiktif yang diterima.

Cara Melaporkan Orderan Fiktif GrabExpress

Cara Melaporkan Orderan Fiktif GrabExpress

Tidak perlu takut melaporkan orderan fiktif karena tidak mempengaruhi performa rating driver. Namun jangan lakukan cancel orderan secara berlebihan, prioritaskan dilakukan jika keadaan darurat saja seperti ketika menjumpai orderan fiktif.

Ciri Ciri Orderan Fiktif GrabExpress

  • Tidak ada lokasi toko serta nomornya tidak dapat dihubungi.
  • Ada toko tetapi pengirim tidak merasa pesan layanan GrabExpress.
  • Pengirim memberikan amplop ataupun kardus kosong.
  • Driver sudah melakukan pengambilan paket namun penerima tidak melakukan pesanan.
  • Driver diminta langsung menyelesaikan oderan tanpa melakukan pekerjaan.

Cara Melaporkan Orderan Fiktif GrabExpress Terbaru

Setelah mengetahui ciri ciri orderan fiktif tinggal anda lakukan pembatalan pesanan sekaligus melaporkan lewat aplikasi. Berikan informasi secara lengkap dan ikuti langkahnya berikut ini.

1. Apabila menjumpai ciri orderan fiktif maka segera cancel dengan cara menekan Batalkan Pengantaran di aplikasi Grab Driver.

Batalkan Pengantaran grabexpress

2. Muncul tampilan kenapa dibatalin? Pilih bagian Pengirim Bermasalah.

Melaporkan Orderan Fiktif GrabExpress

3. Pilih alasan dengan tap Pengirim/Orderan Fiktif.

Orderan Fiktif

4. Muncul menu pengambilan foto, silahkan arahkan kamera ke barang kemudian ambil gambar sebagai bukti orderan fiktif. Pastikan gambarnya jelas.

Cara Melaporkan Orderan Fiktif Grab

5. Apabila barang sudah diambil maka tinggal tap tombol Lanjutkan.

bukti foto Orderan Fiktif

6. Silahkan masukkan alasan serta kronologi orderan fiktif pada kolom yang disediakan. Terakhir tinggal menekan Konfirmasi Pembatalan.

Konfirmasi Pembatalan

Selain orderan fiktif, mitra juga dapat melaporkan restoran tutup lewat aplikasi Grab Driver. Cara melaporkan dirasa mudah, pastikan alasan yang dipilih sudah tepat. Ceritakan pula kronologi terjadinya orderan fiktif supaya ditindaklanjuti oleh pihak GrabExpress.