√ Kode Etik Driver Shopee Food 2021 : Sanksi & Poin Pelanggaran

Kode Etik Driver Shopee Food – Sampai saat ini nama Shopee Food semakin dikenal oleh banyak orang, bahkan tak hanya di Jakarta saja. Beberapa pengguna aplikasi Shopee diluar area jangkauan Shopee Food sudah mengenalnya, bahkan minat menjadi driver Shopee Food juga sangat tinggi.

Hanya saja layanan tersebut belum luas area jangkauan, tetapi itu bukan menjadi suatu masalah besar dikarenakan Shopee Food akan hadir secara meluas. Sembari menunggu update terbaru, tak ada salahnya jika anda mengetahui kode etik driver Shopee Food.

Jika berbicara soal kode etik mitra driver Shopee Food, mitra memang wajib untuk memperhatikan agar bisa menjaga dan tidak melakukan pelanggaran kode etik driver Shopee Food. Tentunya anda semua tak ingin melanggar kode etik tersebut bukan ? Sebab, dampak melanggar kode etik driver Shopee Food akun bisa di nonaktifkan.

Bahkan mitra gagal untuk mendapat BONUS INSENTIF harian dan untuk menembusnya cukup susah, karena harus mengembalikan performa akun seperti semula. Sampai disini pastinya banyak mitra driver Shopee Food semakin penasaran apa saja isi dari kode etik dan jumlah poin pelanggaran.

Kode Etik Driver Shopee Food

Nah, untuk anda yang ingin mengetahui informasi lebih jelas dan detailnya. Dapat simak langsung ulasan dari Gojeker.com yang sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

Apa Itu Kode Etik Driver Shopee Food

Apa Itu Kode Etik Driver Shopee Food

Secara umum Kode Etik Shopee Food adalah sebuah norma atau ketentuan nilai serta aturan sudah ditentukan oleh suatu perusahaan/Shopee Indonesia berbentuk tertulis dan memiliki hukum yang kuat.

Dimana beberapa ketentuan pada kode etik driver Shopee Food wajib untuk dipatuhi oleh mitra driver, jikapun tanpa sengaja atau disengaja melanggar. Maka setiap mitra dikenakan poin pelanggaran yang berdampak buruk terhadap pengemudi.

Kode Etik Driver Shopee Food

1 Kode Etik Driver Shopee Food

Lalu berlanjut ke pembahasan paling utama yaitu kode etik driver Shopee Food, untuk mengetahui lebih jelas dan detailnya. Kira kira apa saja isinya, diantaranya adalah sebagai berikut.

NomorJernis Pelanggaran
1Tidak memakai atribut resmi dari Shopee Food (contoh : Jaket & Helm) atau yang sudah ditetapkan Shopee.
Tidak memakai peralatan cukup (Misal : Alat atau Peralatan kurang atau rusak).
Menggunakan Pakaian serta Aksesoris yang tak rapi/sopan (contoh : Sandal, Pakai Celana Pendek, Memakai Anting (untuk Mitra pria), Sengaja Memperlihatkan Tato, Menyinggung atau Berkata Kasar).
2Tidak upload bukti pembelanjaan sesuai pesanan di aplikasi Shopee, atau dengan sengaja upload bukti pembelanjaan yang tidak jelas atau relevan.
3Menunda-nunda mengambil dan antarkan pesanan ke titik lokasi & alamat yang telah ditentukan lebih dari 15 menit sejak pesanan diterima.
4Lalai dalam menjaga keamanan akun Mitra Pengemudi menyebabkan akun dipakai oleh orang lain, meminjamkan atau jual belikan akun Mitra driver Shopee Food.
5Selesaikan status pengantaran tanpa ambil pesanan dan mengirimkan kepada konsumen.
6Menghubungi konsumen Shopee Food dengan tujuan diluar yang berkenaan tentang Layanan Shopee Food.
7Memberikan data/informasi pribadi Pelanggan/Mitra Pengemudi Shopee Food lainnya/Merchant yang terdaftar di platform Shopee Food, baik melalui media apa pun (contoh : Media Online, Media Cetak, Aplikasi Pengirim Pesan, dan lain lain.)
8Berbicara kata-kata kasar dan tidak sopan pada saat berkomunikasi dengan Pelanggan baik itu dalam bentuk lisan atau non lisan.
9Meminta tambahan biaya atau bayaran di luar tarif/biaya sudah ditentukan di aplikasi Shopee Food tanpa sepengetahuan serta persetujuan pengguna Shopee Food.
10Pesanan telah diterima oleh pelanggan dalam kondisi tak sesuai seperti pada saat diberikan oleh Merchant/restoran, baik itu disengaja maupun tak disengaja (contoh : Tumpah, Acak-acakan, Segel makanan rusak/lepas, Jumlah makanan atau menu berbeda dari pesanan.)
11Berkendara dalam pengaruh alkohol maupuna NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya).
12Tersandung kasus yang membutuhkan investigasi baik secara langsung maupun tidak langsung ketika menjalankan sebuah layanan, termasuk juga sulit diajak bekerjasama/tidak kooperatif sengaja memperlambat proses investigasi.
13Terdeteksi memakai dokumen yang dipalsukan seperti identitas diri (contoh : Dokumen: KTP, SIM, KK, SKCK, dll.) atau tak melakukan verifikasi seperti syarat dan ketentuan berlaku.
14Sebarkan dan membujuk orang lain untuk menyebarkan berita tidak benar/bohong/palsu yang menyebabkan merusak nama baik Shopee (contoh : Orasi di depan publik) maupun melalui media apa pun (contoh : Media sosial, Media cetak) sehingga menyebabkan keresahan bagi Mitra Pengemudi Shopee Food dan pihak manapun termasuk Shopee.
15Layanan di bawah rata-rata (contoh : Rating Rendah, Tingkat Penerimaan Rendah, Tingkat Pembatalan Tinggi, Tingkat Penyelesaian Rendah, Jumlah Perjalanan Rendah, Waktu Online Rendah) sebagaimana kebijakan berlaku akan diberitahukan oleh Shopee.
16Sengaja menekan tombol ambil pesanan/makanan dan selesaikan pesanan tak sesuai sebagaimana semestinya.
17Memakai perangkat yang diubah tingkat keamanan (contoh : Android Root iOS Jailbreak)
18Menyalahgunakan akun Pengguna Shopee Food di aplikasi Shopee tidak terkecuali menggunakan media lain (contoh : Partner Platform atau Aplikasi selain Shopee) dalam melakukan pesanan fiktif bertujuan keperluan sendiri maupun untuk orang lain.
19Memanipulasi sistem dari Shopee milik sendiri maupun orang berbentuk alasan apapun, termasuk untuk mendapatkan pesanan atau bonus insentif.
20Dilarang menerima dan ambil pesanan di Merchant milik Mitra Pengemudi maupun keluarga dari driverPengemudi.

Poin Pelanggaran Driver Shopee Food

Poin Pelanggaran Driver Shopee Food

Mitra driver Shopee Food juga wajib untuk mengetahui jumlah poin pelanggaran sesuai dengan jenis pelanggaran, hal ini bertujuan agar mitra bisa memahami dan menghitung poin pelanggaran. Agar lebih jelas dan detailnya, silahkan simak langsung seperti dibawah ini.

Jenis Pelanggaran Driver Shopee FoodJumlah Poin Pelanggaran
Lakukan manipulasi pesanan Shopee Food perorangan maupun berkelompok.75
Tidak memakai atribut resmi sudah didistribusikan oleh Shopee Food ketika menjalankan orderan.10
Menghubungi konsumen setelah selesaikan pesanan diluar pembahasan Shopee Food50
Sebarkan informasi pribadi konsumen (Contoh: nomor HP, nama, dll.) kepada siapapun tanpa persetujuan dari konsumen.50
Meminta biaya tambahan diluar biaya pada aplikasi Shopee Food ke konsumen dengan alasan yang tak jelas.50
Merusak/merubah/mencampurkan/menambahkan:zat lain ke makanan dipesan Pelanggan.100
Lakukan pelanggaran hukum berat baik dalam menjalankan pesanan maupun diluar menjalankan pesanan.150
Lakukan tindakan tidak menyenangkan/mengganggu/menyinggung konsumen Shopee Food.50
Manipulasi/ubah/memasukkan data tidak benar/tidak sesuai ke dalam aplikasi driver Shopee Food.20
Selesaikan pesanan dengan waktu yang lama tanpa alasan tidak jelas.20
Membiarkan orang lain bukan pemilik akun Mitra Driver Shopee Food menerima orderan baik di sengaja maupun tak disengaja.50
Selesaikan pesanan tanpa mengantarkan makanan ke konsumen sesuai titik sudah ditentukan.100
Memiliki tingkat penyelesaian pesanan rendah.25
Melakukan manipulasi sistem atau aplikasi driver Shopee Food.75
Memiliki rating penyelesaian orderan buruk atau rendah.25

Kesimpulan

Sampai disini pastinya setiap mitra driver Shopee Food sudah paham terkait kode etik driver Shopee Food, maka wajib untuk menaatinya apabila tidak ingin akun berdampak tidak bagus seperti di non aktifkan sementara maupun permanen. Semua itu tergantung dari tingkat pelanggaran dilakukan oleh mitra driver Shopee Food.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai kode etik driver Shopee Food beserta sanksi dan poin pelanggaran serta pengertian apa itu kode etik driver Shopee Food bisa dapat Gojeker.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas bisa membantu semua mitra pengemudi Shopee Food yang baru bergabung atau pengemudi belum mengetahui detail kode etik Shopee Food.