8 Perbedaan Gojek Dan Grab : Tarif, Layanan & Fitur 2020

Perbedaan Gojek Dan Grab – Gojek dan Grab merupakan perusahaan transportasi online terbesar di Indonesia. Tak heran bila kedua perusahaan ini saling bersaing untuk mendapatkan konsumen terbanyak. Berbagai layanan diberikan agar pelanggan dapat memenuhi kebutuhan harian.

Sistem kerja Gojek dan Grab memang hampir sama dimana mengandalkan driver untuk memenuhi pesanan konsumen. Sama sama menggunakan aplikasi dalam pemesanannya secara online. Namun ternyata terdapat beberapa perbedaan yang dapat dilihat secara langsung dari kedua ojek online ini.

Gojek memberikan layanan pengantaran luar kota bernama GoSend Intercity, sedangkan Grab memiliki service bernama GrabExpress. Tiap konsumen tentunya memiliki selera tersendiri ketika memilih menggunakan Gojek ataupun Grab. Bisa berdasarkan pengalaman, tarif, lengkapnya layanan bahkan sampai cara pembayarannya.

Kadang masih banyak orang awam bingung memilih antara Gojek atau Grab. Semuanya wajar karena layanannya termasuk mirip satu dengan lainnya. Namun agar bisa memilah alat transportasi online terbaik anda wajib mengetahui perbedaan Gojek dan Grab secara langsung.

Perbedaan Gojek Dan Grab

Perbedaan Gojek Dan Grab

Jika diamati cukup banyak perbedaan yang dapat kita temukan. Perbedaan tersebut bisa menjadi alasan mengapa orang memilih transportasi ojek online tertentu. Gojek merupakan produk dari dalam negeri, sedangkan Grab merupakan luar negeri sehingga dari segi servisnya pun berbeda.

Dengan adanya perbedaan bisa juga dijadikan bahan pertimbangan apakah akan beralih ke Gojek ataupun Grab. Konsumen memang memiliki hak untuk memilah milah mana layanan yang cocok dari Grab dan Gojek. Agar lebih jelas anda bisa simak perbedaan Gojek dan Grab berikut ini.

1. Perbedaan Tampilan Aplikasi

Perbedaan Tampilan Aplikasi

Tampilan dari Gojek dan Grab memang berbeda, dilihat dari menu awalnya saja sudah tidak sama. Grab memberikan layanan yang dapat dipilih langsung lewat menu utama. Sedangkan untuk Gojek versi terbaru harus swipe dulu barulah muncul layanannya.

2. Perbedaan Layanan Gojek Dan Grab

Perbedaan Layanan Gojek Dan Grab

Dapat dikatakan Gojek memiliki jumlah layanan yang lebih banyak dibandingkan Grab. Pada aplikasi Gojek anda bisa menggunakan GoMed, GoMassage, GoClean, GoFitness, GoFood, GoMart, Go Shop, GoMall, GoPlay, GoTix, GoGames, GoNews, GoGive, GoNearby, GoPulsa, GoNearby, GoPoints, GoSure, Go Investasi, GoRide, GoCar, GoSend, GoBox dan GoBlueBird.

Sedangkan pada Grab layanannya lebih sedikit mencakup Makanan, Mart, Pengantaran, Kesehatan, Mobil, Motor, Pulsa/Token, Asisten, Sewa, Paket Hemat, eScooter, Tiket, Hotel, Tagihan, GiftCard dan juga Asuransi. Dari sisi layanannya Gojek memang lebih diunggulkan.

3. Perbedaan Segi Tarif Gojek Dan Grab

Perbedaan Segi Tarif Gojek Dan Grab

Kemudian perbedaan tarif juga dirasakan, lebih murah Gojek dibandingkan Grab. Untuk Gojek misalnya pada 6 kilometer tarifnya sebesar Rp. 10.000 sedangkan Grab 5 kilometernya lebih mahal yaitu Rp.12.000. Bagi anda yang ingin menghemat tarif perjalanan bisa memilih Gojek.

4. Perbedaan Sistem Pembayaran Gojek dan Grab

Perbedaan Sistem Pembayaran Gojek dan Grab

Baik Grab dan Gojek memiliki sistem pembayaran tunai maupun non tunai. Gojek memiliki GoPay sedangkan Grab menggunakan OVO. Kedua dompet digital ini memiliki cara penggunaan serta ketentuan yang berbeda mulai nominal top up, potongan biaya dan masih banyak lainnya.

5. Perbedaan Sistem Gaji Driver

Kemudian untuk sistem gaji Gojek dan Grab sangatlah berbeda. Gojek memiliki pembagian hasil sebesar 80% untuk driver kemudian sisanya 20% untuk pihak Gojek. Berbeda dengan Grab yang memberikan prosentase lebih besar yaitu 90% untuk driver kemudian 10% bagi pihak Grab. Sistem gaji ini bisa jadi pertimbangan jika anda akan mendaftar sebagai driver.

6. Perbedaan Diskon & Promo

Perbedaan Diskon Promo

Grab diakui memberikan promo lebih banyak dibandingkan Gojek pada setiap daerah. Diskon maupun potongan harga dalam promo Gojek maupun Grab memiliki perbedaan. Demikian pula dengan masa berlakunya pada setiap wilayah operasionalnya.

7. Perbedaan Syarat Pendaftaran Driver

Untuk dapat mendaftar sebagai driver Gojek syaratnya meliputi nomor HP, email, KTP, SIM dan STNK. Syaratnya untuk Grab hampir sama, perbedaan terletak pada calon mitra Grab yang harus melakukan tes berkendara dengan kesempatan 3 kali. Bila Gojek tanpa perlu adanya tes untuk bisa masuk, sebaliknya dengan Grab yang wajib lolos tes berkendara.

8. Perbedaan Fasilitas PayLater

Gojek memiliki fasilitas Paylater bernama Gojek Paylater, sedangkan Grab yaitu OVO Paylater. Keduanya memiliki cara penggunaan dan pendaftaran yang cukup berbeda. Selain itu nominal pinjaman yang dapat diperoleh juga berbeda.

Pada Grab kita bisa pesan GrabMart sedangkan di Gojek layanannya bernama GoMart. Meskipun begitu sistem kerjanya memiliki perbedaan mencakup cara pemesanan bahkan sampai tarifnya. Dari ulasan diatas memang perbedaan Gojek Dan Grab cukup banyak kita temukan, berikutnya tinggal ingin pilih yang mana sesuai keinginan anda.